WELCOME TO http://abeacheagle.blogspot.com

WELCOME TO http://abeacheagle.blogspot.com
My name is A Beach Eagle, you can call me Irwansyah (Indonesia man), This is my creation in a scientific written, if you have hobby to read, please look at this!!!

My Profile

Foto Saya
Sungailiat - Pangkalpinang, Bangka Belitung Island Province, Indonesia
My wise man words : The life is adventure, if you want to get happy in the world with knowledge and also get happy in the hereafter with knowledge, so be adventurer look for knowledge in order that your life happiness in the world and hereafter (eternity) can be gotten. The life is a struggle, so we must always strive to reach it in order that to be reality.

Translate into your languages

Sabtu, 14 Juli 2012

CONTOH KUESIONER S1 MANAJEMEN PERHOTELAN (HOSPITALITY)

 Explained by Irwansyah (A Beach Eagle)


Blog Support :  KLIK DI SINI
Sponsored by   KLIK DI SINI

Kuesioner berasal dari kata Questionnaire atau daftar pertanyaan. Dalam Bahasa Indonesia kuesioner juga dikenal dengan istilah angket. Kuesioner dalam penelitian adalah instrument pengumpulan data atau informasi yang dioperasionalisasikan dalam bentuk item pertanyaan atau pernyataan yang dibuat oleh peneliti untuk disebarkan kepada responden. Item pertanyaan atau pernyataan yang dibuat berdasarkan indikator pada definisi operasional yang dapat menjabarkan variabel-variabel yang akan diteliti. Merancang kuesioner sebaiknya menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh semua responden.
Contoh kuesioner sederhana secara tertutup pada penelitian kuantitatif S1 Manajemen Perhotelan (hospitality) tentang pengaruh variabel X terhadap variabel Y di salah satu departemen hotel adalah sebagai berikut :

KUESIONER

Mohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Tamu Hotel Bumi Asih Pangkalpinang untuk mengisi daftar pernyataan di bawah ini dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari rasakan yang sesungguhnya. Besar harapan saya kiranya jawaban yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari berikan seobyektif mungkin karena sangat membantu keakuratan data dari penelitian ini.

II.     Memberikan Jawaban dari Pernyataan yang Tersedia
Untuk pernyataan-pernyataan berikut ini, Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dipersilahkan untuk memberikan jawaban dengan mengisi tanda centang (√) pada skala 1 – 5 dalam kolom jawaban yang sudah tersedia dengan pilihan sebagai berikut :
1.      Sangat Tidak Setuju (STS)                  4. Setuju (S)
2.      Tidak Setuju (TS)                                5. Sangat Setuju (SS)
3.      Netral (N)

A.      Dimensi Pelayanan Prima Pramugraha (X)

No.
Pernyataan
Pilihan Jawaban
1
2
3
4
5
STS
TS
N
S
SS
a.
Kemampuan (Ability)  (X1)





1.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu  menyiapkan kamar yang Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari tempati dengan cekatan, teliti, bersih, rapi, indah dan nyaman.





2.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu memberikan layanan housekeeping yang prima atas segala keperluan yang Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari butuhkan.





3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif ketika melayani Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari.





b.
Sikap (Attitude) (X2)





1.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sabar dalam menyiapkan kamar dan memberikan layanan housekeeping atas segala keperluan yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari butuhkan selama menginap di hotel.





2.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu menyapa dengan sikap yang ramah, sopan dan santun ketika bertemu dengan Bapak/Ibu/ Saudara/ Saudari.





3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang bersikap rendah hati dalam berinteraksi dengan Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari selama menginap di hotel.





c.
Penampilan (Appearance) (X3)





1.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mempunyai kebiasaan memakai sepatu, uniform (seragam) yang rapi, bersih dan serasi, serta tidak memakai perhiasan atau aksesoris yang berlebihan selama menjalankan tugas.





2.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu berambut rapi, bersih, tidak berbau badan dan mulut selama melaksanakan tugas.





3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu berwajah ceria dan menyenangkan.





d.
Perhatian (Attention) (X4)





1.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu merespon setiap kebutuhan dan keinginan layanan housekeeping yang Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari kehendaki selama menginap di hotel.





2.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang cepat dalam menindaklanjuti setiap kebutuhan dan keinginan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari selama menginap di hotel.





3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sangat peduli terhadap keluhan, kritikkan dan saran dari Bapak/Ibu/Saudara/Saudari.





e.
Tindakan (Action) (X5)





1.
Kamar yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari tem-pati selama menginap di hotel Bumi Asih Pangkalpinang dalam keadaan bersih, rapi, indah, nyaman dan menyenangkan.





2.
Seluruh peralatan dan perlengkapan kamar yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari tempati sela-ma menginap di Hotel Bumi Asih Pang-kalpinang dapat berfungsi dalam kondisi baik.





3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang memi-liki kehandalan dalam mengatasi permasalahan kamar yang timbul.





f.
Tanggung jawab (Accountability) (X6)





1.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa terjamin akan keamanan barang bawaan milik sendiri yang diletakkan di dalam kamar selama menginap di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang.





2.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa aman dan nyaman menggunakan peralatan dan perleng-kapan kamar selama menginap di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang.





3.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa aman, nyaman dan menyenangkan berada di dalam kamar, sehingga terjamin dari segala resiko selama menginap di Hotel Bumi Asih Pangkal-pinang.







B.     Kepuasan Tamu (Y)

No.
Pernyataan
Pilihan Jawaban
1
2
3
4
5
STS
TS
N
S
SS
1.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasa puas dengan kualitas kamar dan layanan housekeeping yang di sediakan oleh Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, sehingga Bapak/Ibu/Saudara/Saudari akan datang kem-bali untuk menginap di hotel pada kesempatan di lain waktu.





2.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasa puas dengan kualitas kamar dan layanan housekeeping yang di sediakan oleh Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, sehingga Bapak/Ibu/Saudara/Saudari akan selalu men-jalin hubungan baik dengan hotel sebagai bentuk dari loyalitas tamu (pelanggan).





3.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasakan kualitas kamar dan layanan housekeeping yang di sediakan oleh Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sesuai dengan harga kamar yang ditawarkan sehingga Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari akan bercerita kepada orang lain sebagai bentuk rekomendasi dari mulut ke mulut.







Responden,




………………………….
(Nama & Tanda Tangan)

3 komentar:

Nawi Van mengatakan...

izin nyimak gan

A Beach Eagle (Irwansyah, SE.) Sang Elang Pantai mengatakan...

Nawi Van : Boleh, saya juga senang adanya rekan-rekan mau menyimak tulisan saya.

eva carolina pardede mengatakan...

kaaa , nih eva , boleh ga eva nanya , klo cth kuosioner keuangan gmn ya ? mohon bntuannya ya kaa bt tugas , klo bs kirim email k eva ya :
indo_eva@yahoo.com